Macam-macam Phobia Part 4

[#SabtuSosial]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar warga Man 1 Kota Tangerang???
Hari ini di Sabtu sosial masih membahas mengenai Phobia lagi nihh . Penasaran kannn??? Keep Reading Guys
.
31. GELIOPHOBIA

Tertawa merupakan salah satu bentuk ekspresi seseorang ketika sedang bahagia atau melihat sesuatu yang lucu. Selain itu, tertawa juga dapat menghilangkan beban emosi dan masalah yang kita miliki. Karenanya, tidak heran banyak orang yang menjadikan tertawa sebagai sarana untuk melakukan terapi jiwa.

Namun ternyata ekspresi positif ini juga menjadi hal yang sangat menakutkan bagi orang yang menderita geliophobia. Penderitanya akan sangat ketakutan dan juga sangat cemas secara ekstrim ketika mendengar gelak tawa orang-orang di sekitarnya.

32. CATOPTROPHOBIA

Dengan berkaca di depan cermin, tentunya kita akan bisa melihat penampilan kita pribadi. Namun, bagi penderita catoptrophobia cermin adalah sebuah bahaya sekaligus ancaman yang selalu ia hindari.

Terkadang, penderita mengkait-kaitkan ketakutannya dengan hal-hal menakutkan seperti penampakan dan lain sebagainya. Karena itu, catoptrophobia ini adalah ketakutan yang timbul akibat kepercayaan yang ia bayangkan tersebut, bukan pada cerminnya.

33. CHREMATOPHOBIA

Inilah jenis phobia paling aneh dan tidak wajar. Chrematophobia merupakan phobia terhadap uang. Ketika melihat atau menyentuh uang, secara otomatis ia akan merasa sangat ketakutan, merinding, mual, pusing, dan mengeluarkan respon-respon lainnya.

Penyebab chrematophobia biasanya biasanya akibat peristiwa masa lalu yang bersifat traumatik tentang masalah keuangan. Namun, phobia yang satu ini juga bisa juga merupakan faktor genetik yang diturunkan orang tuanya, kemudian mempengaruhi susunan saraf di otak.

34. CHRONOMENTROPHOBIA

Waktu merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menggapai kesuksesan. Dengan adanya jam, waktu akan menjadi lebih mudah diatur dan lebih efektif.

Namun, apa jadinya jika ada orang yang justru takut melihat jam? Mereka itulah adalah orang-orang yang mengalami chronomentrophobia atau phobia terhadap jam. Setiap kali penderita phobia ini melihat jam, ia akan mengalami rasa takut yang luar biasa. Tentu saja, hal itu sangat merepotkan dan penggunaan waktu pun bisa tidak teratur.

35. CRYOPHOBIA

Pernah mencoba mengunjungi tempat-tempat ice skating? Atau menikmati es krim yang sangat nikmat? Bagaimana rasanya? Nikmat bukan?

Namun, bagi penderita cryophobia hal-hal tersebut justru bukan hal yang nikmat, justru sebaliknya. Cryophobia adalah jenis phobia terhadap suhu dingin yang ekstrem. Karena itu, para penderita cryophobia justru akan merasa ketakutan dengan hal-hal seperti itu.

36. DIDASKALEINOPHOBIA

Didaskaleinophobia merupakan jenis phobia yang dialami seseorang ketika hendak berangkat sekolah. Phobia ini cukup sering terjadi di kalangan anak sekolah yang menduduki bangku SMP.

Penyebab jenis phobia yang satu ini bermacam-macam, namun tetap beralasan karena lingkungan. Kasus yang paling sering terjadi diakibatkan oleh penderita didaskaleinophobia ini mengalami masalah dengan guru killer atau mendapat bullying dari teman-temannya sehingga ia merasa tidak nyaman untuk bersekolah. Jelas phobia ini merupakan jenis phobia yang sangat berbahaya.

37. GERASCOPHOBIA

Sudah menjadi hal yang lumrah terjadinya sebuah proses penuaan. Namun, pada penderita gerascophobia, penuaan adalah hal yang amat dan teramat mengerikan. Hal itu dikarenakan, gerascophobia merupakan phobia terhadap penuaan.

Ketika masih dalam usia muda, para penderita gerascophobia yang secara tidak sadar memiliki phobia ini. Namun, mereka sudah merasa khawatir tentang proses penuaan yang akan menjadikan mereka hidup sendiri tanpa ada yang mengurus diri mereka nanti. Para penderita gerascophobia ini biasanya akan merasa ketakutan dengan masa depan, namun di sisi lain mereka juga takut untuk mengandalkan orang lain kelak ketika tua.

38. HYLOPHOBIA

Hylophobia adalah phobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap hutan. Sesuai dengan namanya, para penderita phobia ini sangat takut dengan hutan. Ketika mereka berada di tengah hutan, mereka akan merasa sangat tegang, cemas, panik, sesak nafas, jantung berdebar kencang, berkeringat dingin, atau bahkan pingsan.

Penyebab phobia jenis ini juga bervariasi. Ada yang disebabkan pernah mengalami kejadian atau pengalaman yang bersifat traumatis, ada pula yang disebabkan oleh rasa takut dengan hantu atau binatang buas, dan masih banyak lagi.

39. IATROPHOBIA

Iatrophobia adalah phobia terhadap dokter atau pergi berobat. Phobia jenis ini akan menimbulkan perasaan takut ketika dokter akan melakukan proses operasi, memberikan diagnosa medis, atau hal-hal lain di dalam dunia medis.

Karena phobia ini, ketika penderita membutuhkan perawatan, ia justru terhalang oleh phobianya sehingga tidak bisa menerima perawatan medis yang mereka butuhkan. Tak jarang, keterlambatan dalam menangani masalah ini dapat berakibat fatal yang bisa menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan kematian. Karenanya, phobia ini termasuk phobia yang sangat berbahaya.

40. IDEOPHOBIA

Ideophobia merupakan jenis phobia yang cukup aneh. Ideophobia adalah jenis phobia dimana penderitanya akan merasa sangat ketakutan terhadap suatu ide atau alasan. Para penderita ideophobia akan merasa takut sekaligus tidak percaya terhadap ide-ide atau alasan yang dikemukakan oleh orang lain. Bahkan tak jarang ia akan mengalami ketakutan terhadap idenya sendiri.

Nah itu diaaa phobia phobia aneh,mungkin kamu punya phobia yang tertera seperti diatas??? .
Oke sekian

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer