Istilah-istilah dunia perkuliahan (Pt.1)

[#SeninEdukasi]
.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
.
Hai apa kabar warga Man 1 Kota Tangerang??
Hari ini mimin akan membahas mengenai "ISTILAH ISTILAH DUNIA PERKULIAHAN" wah untuk kelas 12 harus tau nih . Okay langsung saja. Karena banyak, jadi kita bagi 2 part ya . Okay. Keep Reading Guys.
.
Istilah dunia perkuliahan:

1. BEBAN STUDI

Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang wajib diperoleh mahasiswa selama masa studi.

2  CUTI AKADEMIK

Ijin yang diberikan kepada mahasiswa untuk tidak megikuti kegiatan akademik karena alasan tertentu. Cuti akademik dapat diambil dua kali selama masa studi, maksimal dua semester berturut-turut.

3. DEKAN

Dosen di perguruan tinggi yang diangkat dengan tugas khusus mengajar dan mengepalai fakultas.

4. DOSEN

Tenaga pengajar di perguruan tinggi dengan tugas utama mengajar, membimbing, dan atau melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

5. Dosen Pembimbing/Penasehat Akademik (PA)

Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil, sesuai perkembangan studi mahasiswa.

6. FAKULTAS

Unsur pelaksana akademik bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu cabang ilmu pengetahuan. Fakultas dipimpin oleh seorang dekan.

7. GELAR AKADEMIK

Sebutan profesi yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi. Gelar dicantumkan pada ijasah bersama nama fakultas, program studi dan tanggal lulus.

8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Nilai keseluruhan mahasiswa dari beban studi yang ia ambil dengan batas minimal 144 SKS. IPK digunakan sebagai predikat kelulusan seorang mahasiswa.

9. Indeks Prestasi Semester (IPS)

Tingkat keberhasilan seorang mahasiswa dalam suatu program semester. IP diukur dari jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil, dikalikan dengan bobot masing-masing mata kuliah, dibagi dengan jumlah nilai kredit mata kuliah.

10. JURUSAN

Unsur pelaksanaan fakultas di bidang studi tertentu yang berada di bawah dekan. Jurusan dipimpin oleh ketua jurusan yang dipilih dari dosen dan bertanggung jawab langsung kepada dekan.

11. KALENDER AKADEMI

Jadwal yang disusun oleh rector dalam kurun waktu satu tahun yang memuat waktu penerimaan mahasiswa, masa perkuliahan, ujian, amupun hari-hari libur.

12. Kartu Rencana Studi (KRS)

Kartu isian yang berisi rencana banyaknya SKS yang diprogram untuk semester mendatang. KRS diisi oleh mahasiswa bersama dosen PA setiap awal semester dengan memperhitungkan IP semester sebelumnya.

13. Kartu Hasil Studi (KHS)

Kartu yang memuat hasil studi setiap mahasiswa per semester.

14. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap, berfungsi sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa terdaftar pada sebuah perguruan tinggi.

15. KARYA TULIS

Karya ilmiah untuk pelengkap atau penunjang mata kuliah tertentu sebagai pendukung tugas akhir yang berupa skripsi.

16. KEGIATAN KURIKULER

Kegiatan akademik yang meliputi kuliah, seminar, diskusi, bimbingan penelitian, praktikum, tugas, maupun belajar mandiri, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Contohnya: kuliah kerja nyata, kerja lapangan.

17. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan kemahasiswaan yang meliputi penalaran dan keilmuan, minat maupun kegemaran, upaya perbaikan kesejahteraan dan bakti sosial bagi masyarakat.

18. Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kegiatan kurikuler yang dijalankan di luar kampus (di masyarakat) dan diikuti oleh semua mahasiswa.

19. KURIKULUM INTI

Bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional untuk setiap program studi. Kurikulum tersebut wajib dicapai mahasiswa dalam menyelesaikan program studi.

20. KURIKULUM LOKAL

Bagian dari kurikulum perguruan tinggi yang berhubungan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan dimana perguruan tinggi berada.

21. MASA STUDI

Jangka waktu penyelesaian beban studi dalam mengikuti proses pendidikan pada suatu program studi tertentu.

22. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan pembentukan keahlian, baik untuk kepentingan profesi maupun bahan pengembangan ilmu dan teknologi.

23. MATA KULIAH PILIHAN

Mata kuliah dari kelompok MKK (Mata Kuliah Keahlian) untuk melengkapi keahlian program studi seorang mahasiswa.

24. Mata Kuliah Umum (MKU)

Kelompok bahan kajian dan pelajaran dalam kurikulum program sarjana yang diharapkan bisa membentuk kepribadian dan sikap mahasiswa untuk memasuki kehidupan bermasyarakat.

25. MATA KULIAH WAJIB

Mata kuliah yang membentuk professional seorang lulusan perguruan tinggi yang harus diikuti oleh semua mahasiswa sampai lulus, terdiri dari MKDK dan MKK.
.
Nah itu dia istilah-istilah mengenai dunia perkuliahan. Dan masih ada part 2 nya yaa. Stay tune 
Sampai junpa minggu depan di senin Edukasi 
.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Komentar

Postingan Populer