Banjir Bandang

[#SelasaLingkungan]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Haii warga Man 1 Kota Tangerang.
Seperti biasa di hari Selasa. Akan membahas mengenai "Banjir Bandang". Nah apaa sih banjir bandang itu dan apaa penyebab nya. So, Keep reading
.
[Banjir Bandang]

Banjir bandang atau Air Bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar (seperti kayu dan sebagainya).

Banjir ini terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi.

Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Banjir Bandang

Hujan Deras

Hujan deras yang melanda suatu wilayah dengan intensitas cukup tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya bencana banjir bandang. Hujan yang tinggi di suatu aliran sungai bisa membuat aliran sungai menjadi meluap akibat debit air berada di luar kapasitas. Karena besarnya debit dan kecepatan alirannya banjir bandang dapat mengangkut bebatuan, lumpur yang dierosinya dari tebing maupun deposit sedimen pada dasar alur dan debris lain seperti batang pepohonan yang tercerabut, dan akan menyapu daerah

Tanggul Yang Jebol

Banjir bandang bisa terjadi akibat tanggul yang jebol atau rusaknya tanggul penahan air sungai. Biasanya akan terjadi di daerah bantaran sungai  bantaran ruas sungai aluvial oleh pecahnya tanggul pelindung pada saat terjadi aliran dengan elevasi di atas bantaran sungai, karena suatu penyebab, atau gagalnya sebuah bendung buatan. Banjir bandang tipe ini dapat mengakibatkan bencana dahsyat.

Penanganan Banjir Bandang 

1. Pengendalian tata ruang; tata ruang yang baik dan jauh dari permukaan tanah yang rendah meminimalisirkan kerugian dari pihak masyarakat.

2. Pengaturan debit air; debit air yang mengalir dari hulu ke hilir dapat kita alihkan seperti pemindahan aliran air.

3. Melakukan reboisasi

4. Berdisiplin untuk membuang sampah pada tempatnya.
.
Nah itu dia artikel mengenai Banjir Bandang. Sampai jumpa di Minggu depan. Karena akan membahas materi yang sedang booming .
.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer