Penyebab Banjir

[#SelasaLingkungan]
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
.
Hai warga MAN 1 Kota Tangerang!
Kali ini mimin akan bahas tentang faktor penyebab banjir nih ada gak nih yang rumahnya sering banjir? ini mimin mau kasih tau informasi tentang faktor faktor pentebab banjir. check it out ya guys!
.
Daerah daeah di Indonesia sudah seringkali dilanda banjir. banjir yang terjadi saat ini sudah semakin meluas, bukan hanya di kota kota besar namun juga ke pelosok daerah. Bencana ini sering kali terjadi saat musim hujan, tentu hal ini sangat perlu diwaspadai.
Sebab bencana ini bisa memberikan dampak yang buruk. Setiap kali banjir terjadi akan menimbulkan permasalahan seperti, merendam pemukiman warga, merusak infrastruktur, mengganggu aktifitas masyarakat, menimbulkan masalah kesehatan, menyebabkan korban jiwa hingga menimbulkan kerugian ekonomi. oleh sebab itu bencana banjir perlu diantisipasi untuk meminimalisir dampak dan resiko akibat bencana ini.
Penyebab banjir karena meluapnya sungai akibat curah hujan yang tinggi. Selain luapan, juga akibat genangan air yang menumpuk sulit meresap ke tanah apalagi pada saat sungai dan gorong-gorong terpenuhi air semua pasti terjadi banjir. bukan hanya faktor alam yang menyebabkan bencana banjir namun juga ada faktor manusia yang menyebabkan bencana ini terjadi, dan hampir 70% banjir terjadi akibat ulah manusia. Tentu meningkatkan kesadaran masyarakat sangat penting untuk mencegah terhadinya banjir. jadi terdapat 2 faktor terjadinya banjir, yaitu faktor alam dan faktor manusia.
Faktor Utama Penyebab Banjir :
Intensitas Hujan Yang Tinggi
Curah hujan yang tinggi dan dalam waktu yang lama menjadi faktor utama terjinya banjir, biasanya terjadi saat memasuki puncak musim hujan. Akibat hujan lebat, sungai menjadi meluap selain itu minimnya daerah resapan air membuat air akan semakin tidak tertampung dan terjadi banjir.
Sampah Yang memenuhi Sungai
Masyarakat masih memiliki kebiasaan buruk yang sulit hilang yaitu membuang sampah ke sungai, sampah yang menumpuk membuat aliran sungai terganggu sehingga saat hujan deras air akan meluap ke pemukiman warga
Kerusakan Lahan
Seperti yang terjadi di beberapa wilayah, banyak kejadian banjir dan tanah longsor karena ulah perusakan lahan untuk penambangan liar. Tanah yang seharusnya jadi penahan air menjadi tergerus dan menyebabkan banjir.
Penebangan Hutan
Hutan sangat berperan sebagai daerah resapan air sehingga akan mengurangi banjir karena hutan akan menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut, dengan banjir yang terus terjadi dengan skala besar maka ada kemungkinan menyebabkan tanah longsor.
Pembangunan Pemukikam di Bantaran Sungai
Di Jakarta banjir yang terjadi akibat adanya faktor dari ulah manusia seperti pembangunan pemukiman di bantaran sungai, pemukiman sembarangan menjadi faktor penyebab banjir yang utama akibat meluapnya aliran sungai yang terhambat. Seperti rumah-rumah di bantaran yang pasti menjadi penyumbang sampah terbesar yang menjadi penghambat dan pendangkalan.
Sumber : http://blog.act.id/5-faktor-faktor-penyebab-banjir/
.
Itu dia tadi faktor faktor penyebab banjir . Semoga bermanfaat yaa. Dan sampai jumpa di Selasa Lingkungan Minggu Depan
.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer