Macam - Macam phobia (1)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
.
Hai Warga Man 1 Kota Tangerang 👋👋👋
.
Hari Ini Di #SabtuSosial. mimin mau ngasih informasi nih tentang "MACAM-MACAM PHOBIA PART 1".
SO, enjoy it. 🙆🙆

JENIS PHOBIA, BAIK PHOBIA YANG NORMAL MAUPUN PHOBIA YANG ANEH
1. ACHLUOPHOBIA

Achluophobia adalah phobia terhadap ruangan atau lingkungan yang gelap. Penderita phobia gelap ini ternyata tidak hanya dialami oleh anak kecil saja, tak jarang banyak orang dewasa yang juga takut phobia dengan kegelapan.

Mereka yang mengidap phobia gelap ini pastinya akan sangat ketakutan jika ditinggalkan di dalam sebuah tempat yang gelap sendirian, apalagi jika tempat tersebut sangat sepi. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka bisa sampai pingsan jika berada di tempat gelap dan sepi tersebut.

2. ACROPHOBIA

Phobia yang satu ini juga merupakan jenis phobia yang cukup sering dialami masyarakat. Acrophobia merupakan phobia atau rasa takut yang berlebihan ketika berada di tempat-tempat yang tinggi.

Istilah acrophobia ini diambil dari bahasa Yunani, yaitu Akron yang berarti puncak dan Phobos yang berarti takut. Dari penggabungan kedua istilah asing tersebut, acrophobia dapat disimpulkan sebagai rasa takut yang tidak wajar terhadap ketinggian.

Persentase penderita phobia ini diperkirakan sebesar 3-5 persen penghuni dunia ini. Selain itu, phobia ini sering kali dialami oleh wanita dibanding pria, sehingga jumlah wanita penderita acrophobia berjumlah 2 kali lebih banyak dari pria.

3. AGORAPHOBIA

Agoraphobia merupakan salah satu jenis phobia yang cukup aneh dan jarang dimiliki kebanyakan orang. Agoraphobia merupaka phobia atau perasaan takut luar biasa tempat terbuka atau tempat dimana ada kerumunan orang banyak. Contohnya seperti takut pergi berbelanja ke pasar, takut berekreasi ke tempat wisata yang ramai pengunjung, dan lain sebagainya.

Selain itu, agrophobia ini juga bisa diartikan sebagai ketakutan untuk meninggalkan tempat yang aman. Biasanya, para penderita phobia jenis ini tidak berani untuk meninggalkan rumah. Mereka akan lebih memilih berada di rumah sendirian ketimbang harus berada di kerumunan orang.

4. AGYROPHOBIA

Agyrophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang dimiliki seseorang ketika hendak menyebrang jalan. Penderita phobia ini termasuk phobia yang cukup sering dialami. Tentunya, phobia menyebrang jalan ini merupakan sebuah phobia yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, mulai dari bersekolah, bekerja, bermain, dan lain sebagainya.

Phobia ini biasanya muncul karena penderitanya pernah mengalami kejadian buruk di jalan raya hingga trauma. Contohnya, mengalami kecelakaan hingga cacat fisik, melihat kecelakaan maut, pernah menabrak orang hingga meninggal, dan lain sebagainya.

5. AGRIZOOPHOBIA

Agrizoophobia juga merupakan salah satu phobia yang banyak dialami. Agrizoophobia ini adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan ketika melihat atau menyentuh binatang liar. Phobia jenis ini mungkin tidak akan begitu mengganggu kegiatan sehari-hari, karena saat ini binatang liar sudah tidak lagi banyak berkeliaran.

Agrizoophobia ini sifatnya menyeluruh. Penderita phobia ini tidak hanya takut dengan satu jenis hewan liar saja, melainkan beberapa atau bahkan semua hewan liar.

6. AICHMOPHOBIA

Istilah aichmophobia ini berasal dari bahasa Yunani yaitu aichmo yang berarti tombak dan phobos yang berarti takut. Dengan kata lain, aichmophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan dengan benda-benda berujung tajam seperti jarum.

Orang-orang yang menderita aichmophobia ini biasanya akan mengalami gemetar, sesak napas, mual, pusing, berkeringat, dan jatungnya akan berdebar lebih cepat ketika melihat atau menyentuh benda tajam seperti jarum.

7. AILUROPHOBIA

Ailurophobia adalah jenis phobia yang ditandai dengan adanya rasa takut secara irasional dan berlebihan terhadap kucing. Ailurophobia juga dikenal dengan istilah phobia kucing.

Bagi penderita ailurophobia ini kucing merupakan sebuah ancaman. Mungkin pemikiran tersebut timbul karena penderitanya pernah mengalami kejadian tak menyenangkan yang diakibatkan oleh kucing ketika ia kecil sehingga selalu membekas hingga ia dewasa. Misalnya seperti tangannya dicakar hingga mengalami luka sobek yang cukup dalam, atau jarinya digigit ketika sedang memegang perut kucing, dan lain sebagainya.

8. ALEKTOROPHOBIA

Alektorophobia ini merupakan jenis phobia yang cukup aneh walaupun penderitanya cukup banyak. Alektorophobia adalah jenis phobia atau rasa takut yang berlebihan dan tidak normal terhadap ayam atau jenis unggas lainnya. Alektorophobia juga bisa meliputi dari mulai telur ayam hingga ayam yang sudah menjadi menu masakan.

Penyebab terjadinya phobia ini berbeda-beda. Bisa jadi alektorophobia ini disebabkan oleh ketakutan dipatuk atau bentuk serangan lain dari ayam hidup. Selain itu, phobia ini bisa diakibatkan karena teringat akan kebiasaannya yang menjijikan seperti memakan makanan dari tumpukan sampah, atau hidup di atas kotorannya sendiri, dan lain-lain.

9. ALGOPHOBIA

Algophobia ini juga merupakan jenis phobia yang cukup aneh. Algophobia adalah jenis phobia terhadap rasa sakit atau nyeri yang dialami, walaupun rasa sakit tersebut sangat ringan. Istilah algophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani algos yang artinya nyeri dan phobos yang artinya takut.

Biasanya, phobia jenis ini tidak berbentuk rasa takut secara langsung. Phobia sakit ini lebih ke arah respon yang ia alami ketika mengalami rasa sakit atau nyeri, seperti rasa mual, pusing, dan lain sebagainya.

10. ALLIUMPHOBIA

Phobia yang satu ini termasuk salah satu phobia yang paling aneh dan jarang terjadi. Alliumphobia namanya. Alliumphobia adalah jenis phobia atau ketakutan secara luar biasa dan berlebihan terhadap bawang putih.

Penderita alliumphobia sebisa mungkin akan selalu menghindari makanan-makanan yang mengandung bawang putih. Mereka juga akan ketakutan hanya dengan mencium aromanya saja.

Selain manusia, nyamuk juga merupakan makhluk hidup lain yang memiliki alliumphobia ini. Karenanya, bawang putih akan efektif sebagai bahan alami pengusir nyamuk
.
Itu saja dari Mimin. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer