Macam-macam Phobia pt2

[#SabtuSosial]
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
.
Apa Kabar Warga Man 1 Kota Tangerang
Hari ini admin mau memberikan artikel seperti minggu lalu nih. Tapi ini kelanjutannya atau part 2 lohhh . Hari Ini admin mau kasih artikel mengenai "MACAM-MACAM PHOBIA PART 2". Penasaran kannnn ? Kuy langsung di bacaaa yaa. Keep reading and Enjoy It
.
11. ALLODOXAPHOBIA
Allodoxophobia ini juga merupakan jenis phobia yang tidak lazim sekaligus tidak wajar. Allodoxophobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap pendapat atau opini seseorang. Istilah allodoxaphobia berasal dari bahasa Yunani, yakni allo yang berarti berbeda, dox yang berarti pendapat dan phobos yang diambil dari nama Dewa Ketakutan dari Yunani.
Para penderita allodoxaphobia akan merasakan rasa takut yang berlebihan dan ketidaknyamanan ketika ada orang lain yang memberikan saran kepadanya. Sering kali, penderita allodoxphobia tidak menyadari kalau mereka termasuk penderita phobia ini.
.
12. AMATHOPHOBIA
Amathophobia juga merupakan jenis phobia yang cukup aneh dan jarang terjadi. Amathophobia ini menyebabkan rasa takut yang berlebihan terhadap debu atau kuman bagi penderitanya. Tentu saja, phobia yang satu ini bisa menjadi hal yang merepotkan dan mengganggu kegiatan sehari-hari.
Namun di sisi lain, phobia ini memiliki dampak positif. Phobia jenis ini akan mendorong penderitanya sangat tertarik dengan benda-benda yang bersih dan tidak berdebu, apalagi jika tersusun dengan rapi.
.
13. AMBULOPHOBIA
Ambulophobia adalah jenis phobia yang mengakibatkan penderitanya mengalami ketakutan untuk berjalan atau berdiri. Karena tidak berani untuk berdiri atau bahkan berjalan, tentu saja penderitanya tidak dapat hidup normal.
Biasanya penderita ambulophobia akan ketakutan hingga menghembuskan nafas dengan cepat dan pendek, mengeluarkan keringat, pusing, mual, badan bergetar, hingga perasaan panik yang luar biasa. Phobia jenis ini biasanya disebabkan oleh pengalaman cidera atau luka fisik seperti di daerah kaki yang menyebabkan penderitanya merasa sangat kesakitan ketika berjalan.
.
14. AMYCHOPHOBIA
Amychophobia juga termasuk jenis phobia yang sangat aneh. Amychophobia adalah jenis phobia dimana penderitanya mengalami perasaan takut yang luar biasa ketika melihat atau menyentuh goresan.
Dalam kasus lain, penderita amychophobia bisa juga merasa ketakutan jika bagian tubuhnya tergores, seperti takut tergores kukunya sendiri dan lain sebagainya. Karena itu, phobia jenis ini merupakan jenis phobia yang cukup merepotkan penderitanya.
.
15. ANABLEPHOBIA
Di saat orang-orang normal melihat ke atas untuk menikmati birunya langit yang cerah, namun tak begitu bagi penderita anablephobia. Penderita anablephobia akan merasakan rasa takut yang luar biasa ketika ia menengok ke arah atas.
Sama seperti phobia lainnya, penderita anablephobia juga mengalami respon fisik seperti mual, pusing, tegang, dan lain sebagainya di saat ia melihat ke atas. Bukan hanya langit, respon tersebut akan muncul setiap kali ia menengokkan kepalanya ke arah atas.
.
16. ANDROPHOBIA
Sudah sewajarnya ketika seorang wanita memiliki ketertarikan kepada laki-laki. Namun, apa jadinya ketika ada wanita yang justru phobia terhadap laki-laki? Jawabannya adalah androphobia. Androphobia adalah phobia yang mengakibatkan penderitanya merasa ketakutan secara terus menerus kepada laki-laki.
Sering kali, para penderita androphobia disebabkan oleh pengalaman buruk yang menimbulkan efek trauma. Misalnya seperti pernah melihat ibunya dilecehkan secara fisik oleh preman, pernah menjadi korban pemerkosaan, dan lain sebagainya.
.
17. ANGROPHOBIA
Angrophobia merupakan jenis phobia yang mengakibatkan penderitanya takut untuk marah atau takut akan kemarahan orang lain secara berlebihan. Mereka bisa menjadi sangat ketakutan, merasa down, atau bahkan pingsan ketika melihat kemarahan orang lain.
Angrophobia ini juga biasanya diakibatkan oleh pengalaman buruk yang membekas dan menimbulkan trauma. Misalnya seperti melihat gurunya marah besar hanya karena masalah sepele saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Pengalaman seperti itu biasanya akan menjadi pemicu timbulnya angrophobia ini.
.
18. ANTHOPHOBIA
Anthophobia disebut juga dengan sebutan phobia bunga. Istilah anthophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu anthos yang artinya bunga dan phobos yang artinya takut. Dengan kata lain, Anthophobia adalah phobia atau perasaan takut berlebihan terhadap bunga. Biasanya penderita phobia jenis ini akan mengalami ketakutan ketika menyentuh batang atau daun bunga.
.
19. ANUPTAPHOBIA
Phobia yang satu ini mungkin adalah phobia yang sedikit menggelitik. Anuptaphobia adalah phobia menjadi single alias jomblo seumur hidup. Selain karena mengalami kejadian yang mengakibatkan trauma di masa lalu, karakter dan gaya hidup yang terlalu memikirkan “apa kata orang” juga menjadi salah satu faktor pendukung adanya phobia ini.
Sisi buruk phobia ini adalah di saat pihak wanita cenderung tidak selektif ketika memilih pasangan, sedangkan pihak laki-laki menjadi seenaknya berganti-ganti pasangannya.
.
20. Apeirophobia
Apeirophobia adalah jenis phobia yang unik. Apeirophobia ini adalah jenis phobia dimana penderitanya mengalami ketakutan luar biasa ketika membayangkan suatu hal yang abadi dan tak berujung.
Contohnya ketika seseorang membayangkan tentang kehidupan akhirat yang tidak ada ujungnya, phobia ini akan kambuh. Respon yang timbul tidak berbeda jauh dengan jenis phobia lainnya, bisa terasa lemas, kehilangan mood, badan bergetar, berkeringat dan lain sebagainya.
.
21. TRYPOPHOBIA
Bagaimana perasaanmu setelah melihat ilustrasi di atas? Merinding kah? Terasa gatal kah? Atau mungkin biasa saja? Jika perasaanmu tidak nyaman, bisa jadi gatal, jijik, bergetar, takut, dan sebagainya, selamat! Kamu memiliki gejala trypophobia.
Jenis phobia yang satu ini sempat menjadi trend di internet. Phobia ini bukan jenis phobia yang aneh lagi karena banyak orang-orang yang ternyata mengalami gejala trypophobia ini. Trypophobia adalah sebagai rasa takut atau perasaan tidak nyaman ketika melihat lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris.
.
Wahhh banyak jugaa yaa . Oke deh itu dulu yang bisa admin berikan. Sampai Jumpa di Sabtu Selanjutnya
.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer