Macam-macam Majas Pt 1

[ #seninedukasi ]

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat sore MAN 1 kota Tangerang!!!
kali ini mimin punya info tentang macam macam majas lohh kuy lah langsung kita baca😄😄

MACAM-MACAM MAJAS PART 1


Majas: Pengertian, Macam Macam dan Contoh Majas

Pengertian majas dan contohnya kali ini kita akan belajar tentang pengertian majas, macam macam majas, contoh contoh majas.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita ketahui bahwa majas adalah salah satu poin yang harus anda ketahui karena penggunaannya dalam karya tulis sastra seperti puisi.

Selain itu, banyak soal UAN ataupun SBMPTN nantinya yang pasti ada tentang pengertian majas, macam macam majas, dan juga contoh majas. Berikut penjelasannya.

Pengertian Majas

Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk memperoleh efek tertentu dari suatu benda atau hal dengan cara membandingkannya dengan benda lain atau hal lain yang lebih umum.

Batasan dalam pengertian majas dijelaskan bahwa bahasa kias yang akan membuat suatu hal tersebut memiliki nilai rasa dan konotasi tertentu. Dalam buku karangan Soemardjo dan Saini dijelaskan bahwa pengertian majas sebagai suatu cara dalam menggunakan bahasa sehingga menambah daya ungkap maupun daya tarik.

Dalam buku Pintar Bahasa Indonesia dituliskan bahwa pengertian majas adalah cara menyampaikan perasaan ataupun pikiran penulis dengan bahasa yang mampu memberikan kesan yang diharapkan secara maksimal dan efektif kepada pembaca.

Lalu bagaimana pendapat anda tentang pengertian majas? Sederhananya, bila anda mengatakan sesuatu akan tetapi menyamarkan artinya ataupun maksudnya maka itu adalah majas. Lalu apakah majas hanya ada dalam bentuk tulisan? Tidak ! Pengertian majas yang paling sederhana adalah gaya berbahasa.

Dalam bahasa Inggris majas disebut sebagai figure of speech, dengan menggunakan diksi atau pilihan kata yang membuat penyampaiannya berbeda. Walaupun begitu jangan anggap menggunakan majas artinya lebay. Tidak sama sekali. Menggunakan majas artinya membuat sesuatu hal yang diungkapkan tersebut memiliki efek semaksimal yang penulis harapkan.

Contohnya bila penulis ingin membuat sebuah puisi atau tulisan yang berisikan tentang kesedihan hidup seseorang, maka dengan menggunakan diksi dan majas yang tepat, maka pembaca tidak hanya mengetahui kondisi hidup seseorang tersebut akan tetapi mampu merasakan kesedihan tersebut.

Jadi bagaimana dengan gombal? Apakah itu termasuk majas? Setelah belajar tentang macam macam majas, anda akan tahu membedakan majas apa yang digunakan saat orang menggombal anda ataupun anda yang menggombal orang lain. Kan keren kalau tahu dan bilang sama yang gombal kalian tentang jenis macam yang dia gunakan.

Macam Macam Majas dan Contohnya

Secara garis besar, terdapat 4 macam majas yaitu penegasan, majas perbandingan, majas sindirian, dan majas pertentangan. Berikut penjelasan macam macam majas dan contohnya:

A.  Majas perbandingan

Majas perbandingan adalah gaya bahasa yang digunakan dengan membandingan yang satu dengan yang lain.

terdapat sedikitnya 12 jenis majas perbandigan yaitu majas hiperbola, majas personifikasi, majas litotes, majas sinestesia, majas metonemia, majas asosiasi, majas aptronim, majas simile, majas metamofora, majas antropomorfisme, alegori, alusio, dan eufimisme. Berikut penjelasan jenis jenis majas perbandingan dan contohnya.

1. Personikasi

Majas personikasi adalah majas yang melukiskan suatu benda dengan memberikan sifat sifat manusia kepada benda benda mati sehingga seolah olah mempunyai sifat seperti benda hidup

Contoh majas perbandingan majas personifikasi:

PENSIL ITU MENARI MENARI DI ATAS BUKU GAMBAR.
ANGIN BERBISIK MENYAMPAIKAN SALAMKU PADANYA
BEL SEKOLAH ITU TELAH MEMANGGIL MANGGIL AGAR SISWA SISWA CEPAT MASUK KELAS.


2. Majas perbandingan: Metafora

Majas metafora adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau hampir sama.



2. Majas perbandingan: Metafora

Majas metafora adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau hampir sama.

Contoh majas metafora:

RAJA HUTAN TELAH SIAP UNTUK MENERKAM
RAJA SIANG TELAH PERGI KEPERADUANNYA
DEWI MALAM TELAH KELUAR DARI BALIK AWAN

3. Hiperbola

Pengertian majas hiperbola adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya dengan kata-kata yang lebih hebat pengertiannya.

Contoh majas hiperbola:

AYAH MEMERAS KERINGAT UNTUK MENGHIDUPI KELUARGANYA
HARGA BENSIN MEMBUBUNG TINGGI
IBU MEMBANTING TULANG DEMI MENGHIDUPI ANAK ANAKNYA.

4. Litotes

Pengertian majas litotes adalah majas yang melukiskan keadaan dengan kata kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya guna merendahkan diri.

Contoh majas litotes:

KAPAN KAPAN SUDIKAH ENGKAU MAMPIR KE GUBUKKU
KAMI HANYA BISA MENYEDIAKAN TEH DINGIN DAN MAKANAN KAMPUNG SAJA
PERJUANGAN KAMI HANYALAH SETITIK AIR DALAM LUAS SAMUDERA

Sekian yaa info mimin tentang macam macam majas minggu depan kita lanjut lagi ke part 2!!!

#seninedukasi

Wassalamualaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan Populer