Perbedaan SPAN-PTKIN dan Ujian Mandiri


Assalammu'alaikum Wr. Wb.

Halo warga MAN sekalian, ketemu lagi nih sama mimin. Wah, udah libur 2 hari pasti enak dong weekend-nya, jangan lupa kerjain PR nya yaa gaes.

Oiya, hari ini mimin mau bahas sesuatu nih, hal yang gak asing buat kakak kelas kita yang udah kelas 12, yaitu tentang SPAN-PTKIN dan Ujian Mandiri. Apa sih pengertian dari keduanya?

SPAN-PTKIN merupakan singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN itu gaes.

Terus, apasih ujian mandiri itu? Ujian Mandiri merupakan sebuah sistem seleksi dengan ujian yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak PTN terkait. Seleksi jalur ujian mandiri ini diselenggarakan oleh pihak institusi dalam rangka memberikan alternatif pilihan kepada mereka yang tidak lolos tes jalur SNMPTN maupun SBMPTN agar tetap bisa melanjutkan studi ke PTN.

Mekanisme seleksi jalur ujian mandiri hampir sama dengan tes SNMPTN/SBMPTN yang meliputi Tes Kemampuan Dasar, Tes Potensi Akademik, serta Tes Kelompok SAINTEK/SOSHUM, hanya saja materi ujian yang disajikan secara beragam karena soal-soal ujian murni dikembangkan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing. Dari segi biaya, ujian mandiri mirip dengan SBMPTN yang mana biaya tes ditanggung oleh masing-masing peserta ujian yang mengikuti tes jalur ujian mandiri.

Jadi gaes, perbedaan SPAN-PTKIN dengan Ujian Mandiri adalah, SPAN-PTKIN diperuntukan untuk calon mahasiswa/mahasiswi yang ingin masuk kedalam UIN/IAIN/STAIN. Btw, SPAN-PTKIN gak beda jauh loh gaes sama SNMPTN. Kemudian, kalau Ujian Mandiri itu diperuntukan kepada kakak-kakak calon mahasiswa/mahasiswi yang ingin masuk ke PTN selain dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kalau gatau SNMPTN sama SBMPTN bisa cek postingan #SeninEdukasi yang kemaren ya kak (Klik di sini!)

Segitu aja nih dari mimin. Semoga apa yang mimin kasih tahu bermanfaat buat kakak-kakak kelas 12 yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Pak Karmin makan bulu, mimin pamit dulu.

Wassalammu'alaikum Wr. Wb.

#SeninEdukasi

Komentar

Postingan Populer