Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN


Assalammu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Hai warga MAN sekalian, gimana kabarnya hari ini? Pasti masih semangat kan?

Wah, baru pertama kali post harian nih, aduh mimin canggung. Jadi, hari ini mimin mau ngebahas tentang SNMPTN dan SBMPTN. Buat kakak-kakak kelas 12 yang ingin ngelanjutin pendidikannya di PTN nanti, harus tau nih, apa sih perbedaan SNMPTN sama SBMPTN?

Jadi SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Terus, apasih SNMPTN itu? Jadi di dalam SNMPTN, mekanisme seleksi calon mahasiswa PTN berdasarkan dari nilai rapor, nilai UN, prestasi  siswa selama SMA. Jurusan yang bisa kamu pilih maksimal tiga, dan salah satunya wajib PTN berada satu kota dengan SMA kamu. Tapi kalau kamu hanya mendaftar di satu pilihan, maka PTN-nya bebas. Dan tidak ada biaya apapun yang dikeluarkan untuk SNMPTN ini.

Terus apasih SBMPTN itu? SBMPTN adalah singkatan dari Singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Walaupun beda satu huruf doang,tapi teknisnya beda banget loh sama SNMPTN. Teknis dari SBMPTN yaitu seleksi masuk PTN yang umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Pada SBMPTN, ada tiga hal yang diujiankan kepada pesertanya:
  1. Ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta kemapuan verbal, numerikal dan figural) yang harus diikuti oleh semua peserta.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPA.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPS.

Dan untuk ujian SBMPTN ini dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000,-

Jadi perbedaannya SNMPTN dan SBMPTN adalah SNMPTN menyeleksi calon mahasiswa melalui nilai rapor, nilai UN dan prestasi siswa selama SMA/MA serta tidak dikenakan biaya apapun. sedangkan SBMPTN yaitu penyeleksian calon mahasiswa lewat tes langsung di PTN yang ingin kakak-kakak tuju dan dikenakan biaya sebesar Rp.200.000,-.

Segitu aja kawan-kawan info dari mimin, bohong banget sih kalo bilang ini nggak bermanfaat. 

Terima kasih yang udah luangin waktu buat ngebaca.

Wassalammu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.

#SeninEdukasi

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer