Manfaat daur ulang

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
.
Hello warga MAN 1 Kota Tangerang!
Karena hari ini adalah #SELASALINGKUNGAN mimin bakal kasih tau apa aja sihh, manfaat daur ulang? Enjoy reading😀😀
.
Manfaat daur ulang sampah yaitu:
♻Kurangi Ukuran Landfill
Salah satu alasan terbesar mengapa daur ulang selalu dipromosikan adalah mengurangi ketegangan pada lingkungan kita. Dengan memanfaatkan produk limbah secara konstruktif, perlahan kita bisa mengurangi ukuran tempat pembuangan sampah kita. Seiring pertumbuhan populasi, akan sulit bagi tempat pembuangan sampah untuk menampung begitu banyak dan sampah. Dan jika ini terjadi, kota dan pemandangan indah kita akan menghadapi polusi, keracunan dan banyak lagi masalah kesehatan. Manfaat daur ulang adalah membantu mengurangi polusi dan menguranginya sedikit demi sedikit.

♻Menghemat Sumber Daya Alam
Botol tua, sampah surat (kertas) dan ban karet bekas menjadi fitur umum tempat pembuangan sampah. Semua ini mungkin tampak tak berujung atau tak ada habisnya, namun sumber daya yang dibutuhkan untuk membuatnya selesai dengan cepat, yaitu dengan cara mendaur ulang, karena dengan mendaur ulang memungkinkan semua item sampah ini dapat digunakan berulang-ulang sehingga sumber daya baru tidak harus dieksploitasi. Ini bisa melestarikan sumber daya alam seperti air, mineral, batu bara, minyak, gas dan kayu. Salah satu manfaat dari daur ulang adalah bahwa hal itu memungkinkan lebih ditekankan untuk menciptakan teknologi yang memanfaatkan apa yang sudah ada. Inilah sebabnya mengapa sejumlah industri mendukung program di mana mereka dapat menerima sejumlah besar bahan daur ulang untuk diubah menjadi barang baru.

♻Kesempatan Kerja Lebih Banyak
Meskipun anda mungkin merasa bahwa daur ulang adalah untuk setiap orang atau dirinya sendiri, kenyataannya ini adalah industri besar. Setelah anda melakukan pemilahan dasar dan deposit sampah anda untuk didaur ulang, itu harus dipilah dan dikirim ke tempat yang tepat. Hal ini dapat dilakukan oleh ribuan pekerja, yang baru dipekerjakan oleh industri yang sedang berkembang. Tentu saja, salah satu manfaat utama daur ulang adalah menciptakan lebih banyak pekerjaan di masyarakat dan memberikan stabilitas pada keseluruhan proses. Melempar atau mendaur ulang ulang dapat membantu menciptakan hampir tiga puluh lpekerjaan.

♻Menawarkan Manfaat yang Tunai
Daur ulang tidak semua nya terkait tentang amal dan melakukan apa yang baik untuk lingkungan. Sebagian besar pemerintah memiliki kebijakan yang memberi manfaat finansial bagi mereka yang mau mendaur ulang. Orang yang mengambil kaleng aluminium atau botol kaca ke pabrik daur ulang, bisa mendapatkan keuntungan tunai sebagai imbalannya. Faktanya, banyak remaja bisa mengambil daur ulang sebagai cara untuk menghasilkan uang ekstra atau sampingan. Surat kabar, peralatan, plastik, karet, baja, tembaga, dan kaleng bir bekas bisa dijual dengan harga yang mahal.

♻Menghemat Uang
Tempat yang tak terduga dimana manfaat daur ulang dapat kita lihat adalah ekonomi kita sendiri. Ekonomi yang kuat adalah ekonomi yang efisien. Yang menyeretnya adalah harus membayar sumber daya yang semakin langka di negara ini. Setiap jumlah yang di daur ulang dihitung saat ekonomi tidak harus membayar untuk menanam lebih banyak hutan, menambang bijih besi atau membeli bahan bakar fosil dari negara lain. Saat pekerjaan meningkat, ekonomi secara tidak langsung mendapatkan dorongan. Karena biaya pemeliharaan sistem pembuangan limbah saat ini turun, semua uang yang disimpan dialihkan ke tempat yang paling dibutuhkan.

♻Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca
Bila anda mendaur ulang produk, anda cenderung menghemat energi yang menghasilkan emisi gas rumah baca yang lebih sedikit. Gas rumah kaca bertanggung jawab paling utama atas peningkatan pemanasan global. Ini membantu mengurangi polusi udara dan air dengan mengurangi jumlah polutan yang dilepaskan ke lingkungan. Tingkat daur ulang 30% bisa hampir setara dengan mengeluarkan 30 juta mobil dari jalanan.

♻Menghemat Energi
Bila anda mendaur ulang kaleng aluminium, anda dapat menghemat 95% energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan kaleng dari bahan baku, energi yang disimpan dari daur ulang satu botol kaca cukup untuk menyalakan bola lampu selama empat jam loh guys!

♻Mencegah Kerugian Keanekaragaman Hayati: Kurang bahan baku diperlukan saat anda melibatkan diri dalam produk daur ulang. Keindahan daur ulang adalah bahwa hal itu akan membantu anda melestarikan sumber daya dan mencegah hilangnya keanekaragaman hayati, ekosistem dan hutan hujan.

Manfaat daur ulang itu sederhana, tapi efek dan dampaknya bisa sangat begitu besar. Itulah sebabnya mengapa banyak negara mendukung proses tersebut dan memastikan bahwa warganya tidak menghadapi masalah sama sekali ketika mereka ingin melakukan kegiatan daur ulang.
.
Semoga kita dapat terinspirasi ya guys!💕💕
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Komentar

Postingan Populer