10 Prodi SOSHUM Terfavorit


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai warga MAN 1 Kota Tangerang, kembali lagi bersama Mimin di hari Senin ini. Biasalah, kami akan menyampaikan materi sesuai tema pada hari ini yaitu #SENNINEDUKASI. Nah, Mimin akan kasih informasi mengenai jurusan-jurusan perkuliahan nih untuk kamu yang di jurusan IPS. Untuk yang anak IPA, bisa di klik artikel di bawah ini:
10 Prodi SAINTEK Terfavorit
 Tak usah berlama-lama, yuk kita langsung aja.

1. Ilmu Komunikasi‍ 

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu nggak cuma belajar cara ngobrol dengan orang, lho! Pelajaran-pelajaran seru kayak public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini. Pokoknya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran TIK & sosiologi.
Prospek kerja: Public Relation Officer, Spesialis Hubungan Masyarakat‍,  Manajer Layanan Sosial dan Komunitas‍ 

2. Hubungan Internasional‍ 

Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang prestisius. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara. Seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran PPKN.
Prospek kerja: Diplomat‍,  Konsultan Politik‍,  Wartawan Internasional, Konsultan Imigrasi‍ 

3. Psikologi‍ 

Jurusan Psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan kita, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran sosiologi.
Prospek kerja: Psikolog Konseling‍, Psikolog Klinis, Psikolog Organisasi Industri‍, Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists)‍   

4. Administrasi Bisnis‍ 

Jurusan yang juga dikenal dengan nama Administrasi Niaga ini mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran TIK.
Prospek kerja: Agen Pembelian (Tidak Termasuk Grosir, Retail dan Produk Pertanian),  Administrasi, Sekretaris Eksekutif‍,  Manajer Produksi Industri‍ 

5. Administrasi Fiskal‍ 

Para mahasiswa jurusan Administrasi Fiskal mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama sektor pajak. Jurusan ini punya beberapa spesialisasi studi yaitu: dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan negara. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran ekonomi.
Prospek kerja: Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai‍, Ahli Perencanaan Pajak‍, Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak‍  

6. Ekonomi Pembangunan‍ 

Ekonomi pembangunan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika & ekonomi.
Prospek kerja: Perencana Keuangan, Ekonom‍, Pengajar Ekonomi‍, Pembuat Kebijakan Pembangunan

7. Akuntansi‍ 

Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah tertua yang mempelajari tentang perihal keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika, & akuntansi.
Prospek kerja: Akuntan, Pemeriksa Keuangan, Manajer Keuangan‍ 

8. Perpajakan‍ 

Jurusan Perpajakan mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika & ekonomi.
Prospek kerja: Konsultan Bea Cukai‍, Penilai (Pajak dan Keuangan)‍, Ahli Perencanaan Pajak‍ ‍  

9. Manajemen Perhotelan‍

Jurusan Manajemen Perhotelan adalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di jurusan ini kamu bakal mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran akuntansi dan bahasa Inggris.
Prospek kerja: Perencana Meeting, Convention dan Acara‍ (MICE), Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)‍, Manajer Penginapan (Lodging Managers)‍, Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook)‍

10. Manajemen Perbankan‍ 

Jurusan ini berujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya. Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran akuntansi, ekonomi dan matematika

Prospek kerja: Analis Kredit, Analis Keuangan, Credit Control Manager‍ 

Gimana nih infonya? Semoga bermanfaat dan semoga nggak bingung lagi mau lanjut kuliah jurusan apa. So, see you soon! Jangan lupa belajar ya, semangat, guys!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

#SeninEdukasi

Komentar

Postingan Populer